PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS

Authors

  • Widya Tari Rhamadani Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan
  • Rita Juliani Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5520

Abstract

ABSTRAK   Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada materi fluida dinamis di SMA Swasta Budi Satrya Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak, yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,50 dan kelas kontrol 64.00. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 2,88 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI. Kata kunci : metode discovery learning, hasil belajar

Downloads

Published

2016-05-01

Issue

Section

Articles