PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 16 MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Negeri 16 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalahquasi experiment dengan desain group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil dua kelas dari empat kelas, yaitu kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen diterapkan model PBL dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk keterampilan pemecahan masalah autentik yang sudah divalidasi dan digunakan juga lembar observasi untuk mengukur aktivitas, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,14 dan kelas kontrol 45,83. Setelah diberi perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,22 dan kelas kontrol 57,39. Hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model PBL yang signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2015/2016.
Kata Kunci : Model Problem based learning, keterampilan pemecahan masalah autentik, suhu dan kalor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5550
Article Metrics
Abstract view : 574 timesPDF - 455 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.