PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2015/2016
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 4 Kisaran yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda yang masing-masing kelas berjumlah 33 orang, kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan XI-IPA3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yakni tes uraian yang terdiri dari 10 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 86,48 dan kelas kontrol 81,63. Hasil penelitian diperoleh 0,012<0,05. Ada pengaruh yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran inquiry training dari pembelajaran Konvensional pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P. 2015/2016.
Kata Kunci: Inquiry Training, Kemampuan Berpikir Kritis, Fluida Statis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5572
Article Metrics
Abstract view : 228 timesPDF - 249 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.