PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2015/2016

Dessy Yulia Sitepu, Henok Siagian

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t satu pihak) diperoleh ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model kooperatif tipe STAD berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Model Pembelajaran Langsung, Media Animasi, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5584

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 274 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.