PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Leni Lumban Gaol, Derlina .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS)terhadap hasil dan aktivitas belajar siswapada materi pokoklistrik dinamis kelas X SMA Negeri 1 Tanjung  Morawa  T.P. 2014/2015.Penelitian ini termasuk quasi experiment. Populasipenelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung  Morawa T.P. 2014/2015 yang terdiri dari 11 kelas, dengan cara cluster random sampling terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajardan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan uji beda nilai rata-rata pretes menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah perlakuan, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) 70,42 dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional 62,50.Hasil pengujian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen melalui uji normalitas dan uji homogenitas data. Selanjutnya dari data observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam kelompok eksperimen termasuk dalam kategori cukup aktif. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi listrik dinamis.

 

Kata Kunci : Quasi Experiment, Think Pair Share, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5600

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.