PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 5 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 32 orang. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diberikan pretes. Hasil pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 46,16 dan kelas kontrol 43,34. Data hasil pretes dengan menggunakan uji t diperoleh kesamaan kemampuan awal siswa pada kedua kelas. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional selama 3 kali pertemuan. Diakhir pertemuan dilakukan postes sehingga diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 74,46 dan kelas kontrol 52,81. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran inquiry training 23 orang yang tuntas dan secara kelas tidak tuntas, sedangkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional hanya 2 orang yang tuntas dan secara kelas tidak tuntas. Data postes kedua kelas yang telah diperoleh dilakukan pengujian analisa data melalui uji t sehinggaada perbedaan akibat pengaruh keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training.
Kata Kunci : Pembelajaran Inquiry Training, Konvensional, Keterampilan Proses Sains
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5609
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 213 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.