PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJA SISWA DI SMA NEGERI 1 KUALUH LEIDONG T.A 2015/2016

Togi Tampubolon, Royarti Tamba

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Leidong. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuanmodel pembelajaran berbasis masalah adalah 67,82 danpembelajaran konvensional adalah 59,52.Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modelĀ  pembelajaran berbasis masalah dari pertemuan I sampai III dengan rata- rata nilai seluruhnya adalah 62,07 dengan kriteria penilaian aktif.Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas XSMA Negeri 1 Kualuh Leidong T.A 2015/2016.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5618

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.