Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di MAN 1 Medan

Authors

  • Asyifah Regina Finkan Nasution
  • Rugaya Rugaya Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i1.56248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model discovery learning pada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MAN 1 Medan T.P 2023/2024. Teknik pemilihan sampel diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 (eksperimen) diterapkan model discovery learning dimana terdiri dari 39 siswa dan kelas XI MIPA 3 (kontrol) dengan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 39 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk essay sebanyak 10 soal. Tahap pertama yang dilakukan adalah memberi pretes kepada kedua kelas, untuk kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata pretes sebesar 36,82% dan kelas kontrol sebesar 36,26%. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, peneliti memberikan postes dan hasil yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 78,77% dan kelas kontrol sebesar 47,59%. Hasil pengolahan data akhir postes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh model discovery learningterhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles