PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR Derlin Lumbantorua dan Makmur Si
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan kelas X-6 sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, jumlah siswa masing-masing kelas 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P.2015/2016.
Kata kunci :Kooperatif tipe GI, hasil belajar, suhu dan kalor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5629
Article Metrics
Abstract view : 445 timesPDF - 407 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.