PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMISKELAS XI DI SMA SWASTA BINTANGTIMUR 1 BALIGE T.P. 2015/2016
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige. Menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI IA-3 sebagai kelas kontrol dan XI IA-4 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 40 orang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P. 2015/2016.
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe GI, model pembelajaran langsung, hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5640
Article Metrics
Abstract view : 251 timesPDF - 224 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.