PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquirydan pemahaman konsep awal terhadap hasil belajar,2) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah, dan 3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran guided inquirydengan pemahaman konsep awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA di salah satu SMA negeri di Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel di kelas kontrol sebanyak 36 orang dan di kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan tes pemahaman konsep awal berbentuk pilihan berganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model guided inquiry dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di atas rerata dengan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di bawah rerata; dan 3) terdapat interaksi yang signifikan antara model guided inquirydan pembelajaran konvensional dengan pemahaman konsep awal terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci:model guided inquiry, pemahaman konsep awal, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5645
Article Metrics
Abstract view : 318 timesPDF - 196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.