PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEITUAN T.P. 2015/2016

Sarana Ria Gunawati Pasaribu, Rappel Situmorang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretes-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 3 dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X MIPA 2 dengan pembelajaran konvensional, masing-masing 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes KPS berjumlah 7 soal essai dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 80,0 dan kelas kontrol = 73,3. Hasil penilaian KPS pada siklus I 45,71% meningkat disiklus II menjadi 77,77% dan disiklus III 86,98%. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5652

Article Metrics

Abstract view : 357 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.