PENGARUH MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAHMENGGUNAKANANIMASITERHADAPKEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWAKELAS X SMA N 1 SUMBUL

Aleksander Sihotang, Sehat Simatupang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X semester II di SMA Negeri 1 Sumbul T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalahquasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-3 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan  denganmodel pembelajaranberbasis masalah menggunakan animasi dan kelas X-4 sebanyak 36 siswasebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 10 soal  yang telah dinyatakan valid oleh ahli fisika. Uji normalitas dan uji homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel disimpulkan bahwa kedua kelas sampel normal dan homogen, serta kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap kemampuan pemecahan masalahfisika siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X SMA Negeri 1 Sumbul T.P 2015/2016.

Kata kunci :pembelajaran berbasis masalah, animasi, kemampuan pemecahan masalah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5661

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.