PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.P 2014/2015

Afrini Hidayati, Alkhafi Maas Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P. 2014 / 2015. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test dan post-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay test sebanyak 9 soal yang divalidkan oleh validator dan juga telah di validitas ramalan pada siswa kelas XI Ipa di SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P. 2014/2015.

Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6214

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.