PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.P 2014/2015

Authors

  • Afrini Hidayati FMIPA Unimed
  • Alkhafi Maas Siregar FMIPA Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P. 2014 / 2015. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test dan post-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay test sebanyak 9 soal yang divalidkan oleh validator dan juga telah di validitas ramalan pada siswa kelas XI Ipa di SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P. 2014/2015.Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar.

Author Biographies

Afrini Hidayati, FMIPA Unimed

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

Alkhafi Maas Siregar, FMIPA Unimed

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

Downloads

Published

2017-07-11

Issue

Section

Articles