PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 PARBULUAN PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Authors

  • Jenni J Situmorang
  • Motlan Motlan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i1.63071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning  berbantuan PhET terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI-1 dan XI-4 SMA Negeri 1 Parbuluan. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning  berbantuan PhETdan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan ranah kognitif dari C4-C6. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 30,525 dan 78,489 sedangkan kelas kontrol adalah 29,778 dan 62,003. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel  = 7,607 > 1,666 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning menggunakan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI.

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles