PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI PADA MATERI FLUIDA
Abstract
Hasil analisis profil pembelajaran fisika di MAN Binjai menyatakan bahwa literasi teknologi telah diterapkan pada proses pembelajaran fisika, namun penilaian yang dilakukan tidak sesuai karena tidak melakukan penilaian berbasis literasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan dari instrumen tes berbasis literasi teknologi yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini berupa produk instrumen tes berbasis literasi teknologi pada materi fluida di SMA/MA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah layak, kelayakan instrumen ditunjukkan dari hasil validasi ahli evaluasi dan ahli materi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah praktis. Hasil uji keefektifan mengacu pada 4 komponen yaitu valid, reliabel, daya beda, dan tingkat kesukaran. Uji validitas statistik menunjukkan 12 butir soal telah valid dan dapat digunakan. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen telah reliabel dan dapat diandalkan. Uji daya beda menunjukkan bahwa 10 butir soal memiliki daya beda yang buruk dan 2 butir soal memiliki daya beda yang baik. Uji tingkat kesukaran menunjukkan bahwasannya instrumen tes memiliki tingkat kesukaran yang sedang dan mudah. Kata Kunci: Literasi Teknologi, Instrumen Tes, Fluida
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i3.65873
Article Metrics
Abstract view : 17 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.