PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS BERBASIS KETERAMPILAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Akhiruddin Hutasuhut, Yuni Warty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan instrumen tes dan bagaimana respons siswa terhadap instrumen tes HOTS berbasis keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil uji validasi ahli memperoleh skor 100% untuk aspek materi, 96,97% untuk aspek konstruksi, dan 84,86% untuk aspek bahasa. Hasil analisis uji validitas pada kelompok kecil menunjukkan 9 soal valid dan 1 soal tidak valid, nilai reliabilitas sebesar 0,9114 (sangat tinggi), uji tingkat kesulitan menghasilkan 10 soal dalam kategori sedang, dan uji daya beda menunjukkan 7 soal cukup baik dan 3 soal baik. Sementara itu, uji validitas pada kelompok besar menunjukkan 9 soal valid dan 1 soal tidak valid, nilai reliabilitas sebesar 0,85 (tinggi), uji tingkat kesulitan menunjukkan 3 soal sulit dan 7 soal sedang, serta uji daya beda menunjukkan 5 soal sangat baik, 4 soal baik, dan 1 soal cukup. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan dengan 9 soal adalah valid dan reliabel, serta respons siswa terhadap instrumen tes HOTS berbasis keterampilan pemecahan masalah menunjukkan penerimaan yang baik.

Kata kunci : HOTS, Keterampilan Pemecahan Masalah, Usaha dan Energi.  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i3.66870

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot