PEMANFAATAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X TITL-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas X BKP-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 46 dan kelas kontrol 32,6. Analisis uji t dapat disimpulkan ada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar, quasi esperiment, uji-tFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i4.66968
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.