PENERAPAN EVENT DRIVEN PADA MODEL PBL MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan event-driven dalam model Problem Based Learning (PBL) pada topik usaha dan energi serta dampaknya terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain dua kelompok dengan menggunakan cluster random sampling. Kelas X-8 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas X-3 sebagai kelompok kontrol, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan ganda dengan 20 butir soal yang telah divalidasi oleh para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 70,5 yang termasuk dalam kategori aktif. Rata-rata minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan masing-masing adalah 47,16, dikategorikan rendah, dan 71,16, dikategorikan baik. Rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen adalah 33,83 dan 79,66, sedangkan pada kelompok kontrol adalah 44,16 dan 67,66. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Event-Driven, pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, minat, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i4.66969
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.