PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar fisika disebabkan oleh kurangnya keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu dengan simulasi PhET terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi gelombang mekanik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest dan posttest control group design, dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel diambil menggunakan simple random sampling, yaitu kelas XI-3 yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu dengan simulasi PhET dan kelas XI-5 yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes essai dengan jumlah 8 soal yang telah tervalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu simulasi PhET terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2022/2023.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Simulasi PhET, KPM
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i4.67497
Article Metrics
Abstract view : 22 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.