PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP SWASTA ASSISI MEDAN T.A. 2013/2014

Paian Tamba, Motlan Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII SMP Swasta Assisi Medan T.A. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Assisi Medan  yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 145 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30.5 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 29.3. Berdasarkan hasil postes, diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 68.9 dan kelas kontrol 60.4. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 61.43 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII SMP Swasta Assisi Medan T.A. 2013/2014.

 

Kata kunci          :  Aktivitas, Hasil Belajar,  Problem Based Learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8031

Article Metrics

Abstract view : 311 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.