PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA POWER-POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBOLANGIT

Elde Ria Liliase, Ratelit Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media power-point terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometri di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sibolangit. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit, yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 dan 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar yang berbentuk  tes pilihan ganda yang tediri dari 15 soal yang telah valid. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media power-point dan kelas kontrol perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media power-point memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometri.

 

Kata kunci: model kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa, optika geometri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9106

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.