PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA N 1 TANJUNG MORAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari sebelas kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X5 (sebagai kelas kontrol) yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Data penelitian menunjukkan rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,43dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 37,33.Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 70,29 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata postes siswa 62,86. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran berbasis masalah untuk terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas X Semester IIdi SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2014/2015.
Kata Kunci : model problem based learning, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9110
Article Metrics
Abstract view : 294 timesPDF - 267 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.