PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SMA ST. THOMAS 3 MEDAN T.P. 2014/2015

Parno Mahulae, Makmur Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap  hasil belajar fisika  pada materi Hukum Newton di kelas X SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitianquasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 231 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa saat pembelajaran.Hasil uji normalitas diperoleh data pretes berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung  = 0,381 dan ttabel = 2,00 , karena thitung< ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan kemampuan awal kedua kelas sama.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learningdan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,3 dengan simpangan baku 14dan kelas kontrol 62,4 dengan simpangan baku 14. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 2,7dan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima, yaitu  adapengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015.

 

Kata Kunci : problem based learning (PBL), hasil belajar, hukum newton

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9111

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.