PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipeteams games tournaments (TGT) terhadap hasilbelajar siswa pada materi usaha dan energikelas X semester genap SMA Negeri 2Medan T.P 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain two group pre-test dan pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cararandom sampling dengan mengambil dua kelas dariempat belas kelas yaitu kelas XMIA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA-6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 37 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa tes pilihan bergandasebanyak 15 soal yang telah divalidasi dan lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap, keterampilan dan aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 30 dan di kelas kontrol sebesar 30, dan dilakukan uji t dua pihak yang membuktikan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan, diadakan postes pada kedua kelas sehingga didapat rata-rata postes pada kelas eksperimen 73 dan pada kelas kontrol 68. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa t hitung> t tabel yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 2 Medan T.P 2016/2017.
Kata Kunci : Teams Games Tournament, quasi experimen, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9112
Article Metrics
Abstract view : 243 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.