PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH

Rio C. Sinaga, Ridwan A. Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pengujian data pretes dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji t terhadap nilai postes terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah.

 

Kata Kunci: Kooperatif tipe GI, pembelajaran konvensional, aktivitas belajar siswa, hasil  belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9113

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.