PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2015/2016

Wita Pardede, Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester II yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 42,43 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 40,76. Setelah pembelajaran diberikan, dilakukan postes dengan nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 80,33 dan nilai kelas kontrol = 72,50. Hasil pengolahan data postes melalui uji t satu pihak diperoleh ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016.

 

Kata kunci : Keterampilan proses sains siswa, Inkuiri terbimbing, Aktivitas siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9116

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.