PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P.2016/2017

Ica Indriyanti Manullang, Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada`materi pokok fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA l sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,88 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,94. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,25 dan kelas kontrol 76,11. Hasil observasi di kelas eksperimen menunjukkan aktivitas siswa denhan kategori aktif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017.

 

Kata Kunci: Kooperatif tipe NHT, hasil belajar, fluida statis, aktivitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i3.9118

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.