PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

Joys Prima Perangin-angin, Pintor Simamora

Abstract


                                                       ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, kelas X-MS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MS5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan validasi. Dari analisa data pretes menunjukkan bahwa kemampuan kedua kelas sama, yang mana kedua data normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda, hasil postes diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 76,32 dan nilai rata–rata postes untuk kelas kontrol 65,29. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TGT, usaha dan energi, konvensional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i3.9119

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.