PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA N 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A. 2016 / 2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa essay test sebanyak 10 soal yang sudah dinyatakan valid oleh para ahli dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Hasil penilaian di kelas eksperimen menunjukkan aktivitas dengan kategori baik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,62, dan nilai rata-rata postes 75,34 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 29,37, dan nilai rata-rata pretes 68,75. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa ada pengaruh dari model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II semester II SMA N 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2016/2017.
Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar, suhu dan kalor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i3.9120
Article Metrics
Abstract view : 213 timesPDF - 269 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.