PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER GENAP MAN LUBUK PAKAM T.A 2016/2017

Putri Ermin Diningrum, Mara Bangun Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida dinamis. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI semester genap MAN Lubuk Pakam. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data keterampilan proses sains dalam penelitian berupa lembar kerja siswa yang telah divalidkan, dan untuk memperoleh data aktivitas siswa digunakan lembar observasi dengan 2 orang observer. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil observasi di kelas eksperimen menunjukkan aktivitas siswa pada saat pembelajaran pada kategori aktif. Keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan lebih baik dibandingkan keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester genap MAN Lubuk Pakam T.A 2016/2017.

 

Kata Kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, konvensional, fluida dinamis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i3.9124

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.