PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERINTEGRASI POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS X T.P 2016/2017

Budiman Siregar, Jonny Haratua Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre test-post test. Sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 31 dan nilai rata-rata kelas kontrol 27,2. Hasil uji t pre test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,20 dengan kategori aktif. Setelah diberikan perlakuan berbeda, hasil rata-rata post test kelas eksperimen 70 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,86.  Hasil uji t post test diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terintegrasi powerpoint terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan kelas X SMAN 10 Medan T.P 2016/2017.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, inquiry training, pengetahuan konseptual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9214

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.