PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/2017

Devi Darlina Siregar, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II di SMA Swasta Eria Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest postest.  Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang berjumlah 10 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dipeoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol 34,67. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,35 dan kelas kontrol 53,06. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMA Swasta Eria Medan T.P 2016/2017.

 

Kata Kunci: model pembelajaran latihan inkuiri, keterampilan proses sains, pembelajaran konvensional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9215

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.