PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI

Wella Syaftia Hasni, Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada materi pokok fluida dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Sampel diambil dua kelas dengan teknik random sampling, kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 9 berjumlah 37 orang dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 8 berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes hasil belajar dan 2) lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analasis data yang digunakan adalah uji t pada α = 0,05. Hasil analisis pretes diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen = 26,92 dan kelas kontrol = 26,70. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda hasil rata rata postes kelas eksperimen = 75,32 dan kelas kontrol = 69,41. Analisis perhitungan uji t menunjukkan ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida dinamis kelas XI semester II di SMA Negeri 3 Medan TP.2016/2017.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9224

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.