PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS

Maya Agnes Tamba, Pintor Simamora

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan  impuls. Penelitian ini adalah jenis quasi Experiment. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan berjumlah 4 kelas. menggunakan teknik random sampling terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes dan disertai pengamatan sikap dan keterampilan. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 33,90 dan 32,16. Hasil uji beda diperoleh t_h=0,64< t_t= 2,003 artinya kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Selanjutnya nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73,90 dan kelas kontrol 68,26. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis memberikan bahwa t_h=2,32 > t_t= 2,003 berarti ha diterima yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran inquiry training berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X SMA Negeri 21 Medan T.P 2016/2017.

 

Kata Kunci :  quasi experimen,  inquiry training, konvensional, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i1.9491

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF - 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.