PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA DARUSSALAM MEDAN T.P 2016/2017

Nurdianita Fonna, Abdul Hakim Siregar

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Darussalam Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X semester II yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampel total. Sampel yang dipilih adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran induktif dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,50 dan kelas kontrol adalah 25,70. setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 71,70 dan kelas kontrol 61,00. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung  > ttabel yaitu (3,811 > 1,997), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Darussalam Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. 

 

Kata kunci : quasi eksperiment, induktif, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i1.9492

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.