PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Sri Novianti, Mariati P Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda berjumlah 15 soal yang sudah divalidasi. Penilaian aktivitas siswa menggunakan lembar aktivitas yang dilakukan oleh dua orang observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,17 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 39,17. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan uji t nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,45 dan kelas kontrol 67,49. Hasil uji beda menggunakan uji t nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, aktivitas, hasil belajar, listrik dinamis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i1.9497

Article Metrics

Abstract view : 250 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.