GELIAT: Studi Evaluasi Proses Latihan Gerakan Latihan Intensif Atlet KONI Kota Medan

Imran Akhmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian tujuan Gerakan Latihan Intensif Atlet Koni Kota Medan (GELIAT) dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) dengan fokus pada procees. Sampel yang dipergunakan pada penelitian ini adalah; pelatih sebanyak 20 orang dari 82 orang dan atlet sebanyak 70 orang dari 400 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (a) Penseleksian atlet dan pelatih sudah dilakukan dengan sangat baik sekali dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan cabang olahraga. Meskipun demikian ternyata masih ada atlet yang tidak memiliki standar kapasitas fisik cabang olahraganya, hal ini disebabkan sistem penseleksian masih menggunakan tes kebugaran secara umum, (b) Dalam aspek pengorganisasian sudah dilaksanakan dengan sangat baik dalam hal pembagian kelompok kerja dalam organisasi GELIAT dan berjalan sebagaimana mestinya dan masih minimnya pertemuan rutin antara penyelengggara GELIAT, orang tua, dan pelatih. Kemudian kurangnya memberikan informasi baik kepada atlet terhadap perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai, (c) Aspek pelaksanaan latihan sudah dilaksanakan dengan baik. Namun masih ada sedikit kekurangan seperti masih kurangnya atlet memenuhi jadwal latihan yang telah disusun pelatih.  Kurangnya hukuman yang diberikan pelatih, sebagian atlet mengeluh dalam hal beratnya latihan, Sebagian pelatih belum menerapkan prinsip beban berlebih didalam menyusun program latihan, (d) Aspek evaluasi latihan sudah dilaksankan dengan sangat baik akan tetapi belum maksimalnya pelatih membuat administrasi hasil evaluasi dan menginformasikannya kepada semua atlet dan pihak penyelenggara.

Full Text:

PDF

References


Daniel L. Sufflebeam, dan Anthony J. Shinkfield.1986, Systematic Evaluation: A Self Instructional guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-nijhoff Publishing

Fuddin van Batavia, 2008, http://fuddin.wordpress.com/2008/07/02/teori-evaluasi-dengan-cipp.

Hasibuan, Malayu SP, 2007. Organisasi dan Motivasi, Jakarta:PT Bumi Aksara.

Imran Akhmad, Suharjo dan Rahma Dewi, 2014, Developing a Modelof Exercise for Perpormance Sport Quality Evaluations (EMLO) KONI North Sumatera Province, Proceeding, Asean Forum and International Conference on Sport Science ad Technology (AFICSST), Bali, 8-11 Agustus 2014, pp. 287-293, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora RI.

Imran Akhmad, 2017, Sport Special School Achievement Athlete of Ragunan, International Journal of Science and Research (IJSR), 2017/5, Volume 6 (5), pp. 131-135, Publisher by: Licensed Under Creative Commons Attribution CC.

Joint Committee.1981. Standards for Evaluation of Educational Programs, Projects, and Materials. New York: McGraw-Hill.

Murwani, Santosa. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: UHAMKA Press

Stephen P. Robbin1997. Essential of Organizational Behavior, New Zersey: Prentice-Hall International Inc.

Undang-Undang no 3 tahun 2005, 2007. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Biro Humas dan Hukum, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v1i1.11931

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.