Peran Pola Asuh Otoriter Demokratis, Dukungan Sosial, Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Atlet Renang Melalui Mediator Motivasi Berprestasi

Agus Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji model teoritik peran pola asuh otoriter demokratis, dukungan sosial, kepercayaan diri terhadap prestasi atlet renang melalui mediator motivasi berprestasi fit dengan data empirik. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel eksogen pola asuh otoriter demokratis, dukungan sosial dan kepercayaan diri, variabel endogen prestasi atlet renang dan variabel mediator motivasi berprestasi. Hipotesis penelitian ini adalah model teoritik yang menggambarkan mengenai peran pola asuh otoriter demokratis, dukungan sosial, kepercayaan diri terhadap prestasi atlet renang melalui mediator motivasi berprestasi fit dengan data empirik. Populasi penelitian ini adalah 362 atlet renang DIY yang mengikuti perlombaan renang Dolphin Cup ke IV Jateng-DIY tahun 2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah 103 atlet. Pengumpulan datanya menggunakan skala dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan program SmartPLS untuk menguji kesesuaian model pengukuran dengan data yang ada di lapangan. Hasil pengujian menunjukkan nilai Goodness of Fit (GoF): sebesar 0,679 sehingga dapat disimpulkan bahwa model teoritik yang menggambarkan mengenai peran pola asuh otoriter demokratis, dukungan sosial, kepercayaan diri terhadap prestasi atlet renang melalui mediator motivasi berprestasi fit dengan data empirik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pola asuh otoriter demokratis, dukungan sosial, kepercayaan diri berperan secara langsung, positif dan signifikan terhadap prestasi atlet renang serta ada peran yang signifikan pola asuh otoriter demokratis, dukungan sosial, kepercayaan diri terhadap prestasi atlet renang melalui mediator motivasi berprestasi. Pola asuh otoriter demokratis mempunyai sumbangan paling besar terhadap  prestasi atlet renang nomor 50 meter dan 100 meter gaya bebas dibandingkan, dukungan sosial dan kepercayaan diri.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, 1998. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bandura, A, 1997. Self eficacy: The exercise of control. New York: Mc Graw-Hill.

Bompa, T. O, 1990. Theory and methodology of training, the key to athletic performance (1nd ed). Dubuque: Kendall/Hunt Publishing Company.

Brewer, B, 2009. Sport psychology. USA: Wiley-Blackwell.

Cox, R. H, 1995. Sport psychology-concept and aplications. New York: Wm. C. Brown Publishers.

Cox, R. H, 2002. Sport psychology-concept and aplications. New York (2nd ed): Wm. C. Brown Publishers.

Dariyo, A, 2004. Psikologi perkembangan remaja. Jakarta: Ghalia Indah.

Gould, D., Guinan, D., Greenleaf, C., Medbery, R., & Peterson, K, 1999. Factors Affecting Olympic Performance: Perceptions of Athetes & Coaches From More & Less Successful Teams. The Sport Psychologist. 13, 371-394.

Gunarsa, S. D, 2008. Psikologi olahraga prestasi. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Haberl, P, 2007. The Psychology Of Being An Olympic Favorite. Athetic Insigt Journal of sport Psychology, 9(4), 37-49.

Hurlock, E.B, 1990. Perkembangan anak jilid II. Jakarta: Erlangga.

Laurence, P.D, 2008. 365 Steps to self confidence. UK: How to Books.

Mahardika, S.M.I, 2009. Kontruk Prestasi Renang Gaya Bebas Jarak Pendek 50 Meter Dan Faktor-Faktor Jasmani Yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Disertasi. (tidak diterbitkan). Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maksum, A, 2005. Ciri Kepribadian Atlet Berprestasi Tinggi. Jakarta: Disertasi (Tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi.Universitas Indonesia.

Mellalieu, S.D., Neil, R. & Hanton, S, 2006. Self-confidence as a mediator of the relationship between competitive anxiety intensity and interpretation. Research Quarterly for exercise and sport. 77, 263-270.

Perkins-Ceccato, N., Pasmore, S.R. & Lee, T.D, 2003. Effects of facus of attention depend of golfers’ skill. Journal of Sport Science, 21, 593-600.

Rees, T., Smith, B. & Sparkes, A, 2003. The influence of social support on the lived experiences of spinal cord injured sportsmen. The Sport Psychologist, 17, 135-156.

Sarwono, S.W, 1997. Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Satiadarma, M. P, 2000. Dasar-dasar psikologi olahraga. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Setyobroto, S, 2002. Psikologi olahraga. Jakarta: Unit Percetakan UNJ.

Shaffer, David R, 2005. Social and personality development. United States of America: Thomson Wadsworth.

Sugihartono, Fathiyah, N. K., Harahap, F., Setyawati, A. F., & Nurhayati, R.S., 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta; UNY Press.

Supriyanto, A, 2009. Studi tentang profil pengasuhan orangtua anak berprestasi cabang olahraga renang di Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Laporan penelitian, UNY.

Vallee, C.N. & Bloom, G.A, 2005. Building a successful university program: Key and common elements of expert coaches. Journal of Applied Sport Psychology, 17. 179-196.

Weinberg, R.S & Gould, D, 2011. Foundation of sport and Exercise psychology. Champaign, IL. Human Kinetics.

Wuest, I. A & Bueher, C, 1995. Foundation of physical education and sport (12th) St. Louis Missouri: Mosby-Year Book. Inc.

Yusuf, L.N, 2001. Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v1i1.11936

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.