Penerapan Media Karet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Mahasiswa Penjas FKIP Universitas Bengkulu

D Pujianto, Syafrial Syafrial, Arwin Arwin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi pada mata kuliah atletik yang selama ini memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Berdasarkan alasan ini maka akan dilakukan perbaikan dalam proses perkuliahan, sehingga berdampak pada hasil belajar yang dapat mencapai KKM. Keberhasilan dalam perkuliahan adalah dicapainya hasil belajar yang mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh program studi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang mengikuti perkuliahan atletik 38 mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah atletik. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang tealh mencapai nilai KKM sebesar 31 %, pada akhir siklus 1 69 %, dan pada akhir siklus 2 96 %. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik simpulan bahwa penerapan media karet dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi mahasiswa penjas FKIP Universitas Bengkulu.


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad, 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Coulson, M, 2006. Dictionary of Sport and Exercise Science. London: A&C Black.

David Hopkins, 1993. Teachers Guide To Claasroom Research. Buckingham Philadelphia: Open University Press.

Derse et.all, 2008. Track and Field Coaching Manual. Los Angeles: LA84 Foundation.

Jackson, 2010. Winning TRack and Field for Girls, Second Edition. New York: Mountin Lion.

McNiff J, Whithead J, 2006. All You Need To Know About Action Research. London: Sage Publication.

Metzler M.W, 2000. Intructional Model For Physical Education. Booston: Allyn Bacon.

Peter R, Hilary B, 2001. Hand Book of Action Research Participative Inquiryand Practice. London: Stage Publication.

Samsudin, 2014. Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Lintera.

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther, James D. Russell, 2011. Intructional Tecnology & Media for Learning. USA: Pearson.

Suharsimi A, Suhardjono, Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, WS, 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v1i1.13600

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.