MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA PUTRI SMA N 1 SIBERUT TENGAH KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Arif Zaiman Salelenggu

Abstract


Bola Voli menjadi salah satu olahraga yang digemari karena teknik permainannya relatif mudah, peraturannya tidak terlalu rumit,dan tentu saja karena permainannya menarik untuk ditonton. Tetapi tidak demikian pada siswa putri SMAN 1 Siberut Tengah yang tidak berminat terhadap permainan bola voli dikarenakan mereka berpendapat bola yang digunakan terlalu berat, lapangan terlalu luas, dan poinnya terlalu banyak. Sehingga minat untuk bermain bol voli sangat rendah.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah modifikasi permainan bola voli dapat meningkatkan minat siswa putri SMAN 1 Siberut Tengah Tahun 2019 dalam pelajaran penjasorkes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui modifikasi pemainan bola voli dalam pembelajaran penjasorkes dapat meningkatkan minat siswa putri SMAN 1 Siberut Tengah Tahun 2019

Penelitian ini dilakuakan pada siswa putri SMAN 1 Siberut Tengah kelas X, XI, dan XII yang masing-masing diambil sampel satu kelas. Yaitu kelas X 26 siswa, kelas XI 26 siswa, dan kelas XII 26 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus yang meliputi : Tahapan Perencanaan, Tahap Pengamatan, Tahap Refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modifikasi Pemainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Penjasorkes Untuk Meningkatkan Minat Siswa Putri tahun pelajaran 2018/2019. Minat belajar siswa meningkat dari 51,26 pada kondisi awal menjadi 74,31 pada siklus I dan meningkat menjadi 84,45 pada akhir siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari 23,05 pada kondisi awal menjadi 10,14 pada siklus I dan meningkat menjadi 33,19 pada akhir siklus II.

Kesimpulan bahwa dalam modifikasi permainan bola voli dapat meningkatkan minat siswa putri SMAN 1 Siberut Tengah tahun ajaran 2019. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan yaitu modifikasi permainan bola voli dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1987 Peneletian Pendidikan, Prosedur dan Strategi. Jakarta

: PT Angkasa.

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Survei Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineika Cipta

Arikunto, S. 2006 Prosedur penelitian sustu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Akasa.

B. Hurlock, Elizabeth Pengaruh Minat Pada Masa Anak – Anak. Jakarta : PT. Grafidian Jaya.

Depdikbud. 1991. Pengertian dan Fungsi Pendidikan Jasmani. Jakarta

:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Harsuki. 2003. Definisi dan Fungsi Pendidikan Jasmani Dalam Pendidikan.

Jakarta : PT. Grafidian Jaya.

Sudjarwo. 1991. Perkembangan Motorik Buku I Modul 1-6. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutrisno, Hadi, 1991. Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta. Mamppier, Andi. 1982. Motivasi dan Minat Dalam Melakukan Kegiatan.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yoyo, Bahagia. 2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Dasar Menengah.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v3i1.20866

Article Metrics

Abstract view : 739 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.