UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 SARILAMAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui modifikasi alat pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Sarilamak Tahun Pelajaran 2020/2021.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran passing sepak bola melalui modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam proses pembelajaran passing sepak bola, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola pada tes awal 23,33% dengan nilai rata-rata siswa adalah 59,44 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola 53,33% dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,44 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola 86,67% dengan nilai rata-rata siswa telah mencapai 78,89 (Tuntas).
Full Text:
PDFReferences
Hamalik.(2002). Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi Aksara
Soeharno HP (1979) Permainan dan Metodik.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v3i1.20868
Article Metrics
Abstract view : 271 timesPDF - 179 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.
Akreditasi Sinta: