UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT 100 METER MELALUI METODE LATIHAN AKSELERASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TITL SMK N 1 RAO SELATAN KABUPATEN PASAMAN

Taufik Hidayat

Abstract


Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem Pendidikan secara keseluruhan bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, ketrampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Dalam proses pembelajaran PJOK, guru minim mengajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan dan olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan hidup sehat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Subjek penelitian siswa kelas XI TITL SMKN 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak cepat 100M peserta didik dengan menerapkan metode latihan akselerasi.

Latihan akselerasi sprint adalah suatu latihan yang di dalamnya berangsur-angsur adanya suatu kreasi atau selang lari cepat dari jogging untuk jalan diakhiri dengan lari cepat.


Full Text:

PDF

References


Bompa, TD. 1990. Theory and Methodology of Training and Technical Training Wareward by Fed—Wilt Beatrice’ Avenue West Headle Berg, Victoria, Australia

Fox & Manthew. 1998. The Physiologi Basic of Physical Education. Sauders Company, New York ; Chicago.

Guntur Benhard. 1996. Atletik, Pririsip-Prinsip Dasar Latihan Lompat Jauh, Jangkit dan Lari Cepa.t Dahana prese : Semarang

Harnid Nooersyah. 1990. Atletik Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : UNS Solo.

Marnin Suparmin. 1997. Metodologi Penelitian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Mulyano, B. 1992. Pengukuran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Pendidikan Olahraga POK. 1995-1997. Tuntunan Mengajar Atletik. Proyek Pembinaan Pendidikan Olahraga : Jakarta.

Paulus Ihee. 1998. Atletik: Dasar-Dasar Atletik. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia : Semarang

Soemanto. D. 2007. Statistik. Fakultas Keguruan dan lirnu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Slamet Suherman. 2002. Fisio1ogi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sujarwo. 2002. Ilmu Kepelatihan Dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sukiyo. 2008. Asas—Asas Pendidikan Keolahragaan Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v3i1.20870

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.