PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN

Sabaruddin Yunis Bangun, Nurul Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar lari sprint siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah melalui pembelajaran pendekatan bermain. maka Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian kuantitatif dengan subjeck penelitian sebanyak 26 siswa dan siswi dan objek penelitian pada pendekatan bermain. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh deskripsi data peningkatan kemampuan lari sprint dengan ketuntasan belajar mencapai 74%. Data menunjukan kemajuan dari data awal observasi hasil materi lari sprint pada kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Melalui observasi pada siklus II diperoleh deskripsi data peningkatan kemampuan lari sprint dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 84,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penelitian ini menunjukkan bahwa pendektan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari Sprint siswa tersebut. Pada data awal Pra siklus terdapat 11 siswa yang tuntas sedangkan 15 siswa dikategorikan tidak tuntas. Siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dan 7 tidak tuntas, siklus II 22 siswa yang tuntas dan 4 siswa yg tidak tuntas. Peningkatan hasil belajar kondisi awal pra siklus hingga akhir siklus II sebesar (42%) siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan


Full Text:

PDF

References


Arifah Luluk Hermin dan Dinata Candra Vega. (2014). Pengaruh Permainan Lompat Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas V Sdn Kabuh 1 Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3).

Arikunto Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Jannah Hafifatul, dkk. (2017). Pengaruh Latihan Run Through Rest Ratio 1:5 dan Latihan Run Through Ratio 1:8 Terhadap Prestasi Lari Sprint 100 Meter Pada Siswa SMP Islam Montong Kubur Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan FPOK IKIP Mataram, 4(1).

Purbaa, N. W. S., & Sabaruddin Yunis Bangun. (2019). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri se-Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. JOURNAL OF SPORT SCIENCE AND EDUCATION (JOSSAE), 4(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/4392/2801

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v3i1.20995

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.