UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X AP-1 SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjaskes siswa pada pokok bahasan renang gaya dada dengan menerapkan gaya mengajar resiprokal di Kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 24 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Berdasarkan pre-tes yang dilakukan terhadap 24 siswa terdapat 15 orang (62,5%) siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 9 orang siswa (37,5%) yang termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada saat siklus I terdapat 7 orang (29%) siswa yang termasuk kategori belum tuntas dan yang termasuk kategori tuntas adalah sebanyak 17 orang (71%). Selanjutnya pada saat siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah adalah sebanyak 4 orang siswa (17%) dan yang termasuk kategori tuntas sebanyak 20 orang siswa (83%). Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre-tes, postes siklus I dan postes siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar penjaskes siswa di kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018.
Full Text:
PDFReferences
Admin, B., (2009). Taksonomi Bloom, tersedia: http://gurupembaharui com/peningkatanmutu atau pembelajaran/taksonomi-bloommengembangkan strategi-berfikir-berbasis-tik.
Brotosuryo, dkk. (1992) Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-XI dan Pendidikan Pendudukan Bagian Proyek Pendataan Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D-XI.
Dimyanti dan Mudjiono (1999). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.
Hamalik. (2002). Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi Aksara
PRSI/FINA. (1992). Renang Gaya Dada. Bandung
Rob. Oor dan Jane b. Tiler. (1986). Dasar-Dasar Renang. Bandung. Angkasa
Soejoko. (1982). Olahraga Pilihan Renang. Jakarta. Depdikbud. Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.
Supandi (1992) Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Suryabrata, Sumadi. (1992). Metode Penelitian. Yogyakarta: University Gadjah Mada Press.
Yanuar Kiram. (1992). Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud.
DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v3i1.20996
Article Metrics
Abstract view : 225 timesPDF - 171 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.
Akreditasi Sinta: