STUDI KASUS PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SAAT PEMBELAJARAN PJOK

Rizky Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pengaruh bullying terhadap siswa sekolah menengah pertama pada saat Pelajaran PJOK di Sekolah SMP Kalam Kudus atau ditujukan kepada para pelajar yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk mengetahui permasalahan yang akan diteliti secara terperinci. Subjek penelitian ini adalah pelajar SMP Kalam Kudus. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Kalam Kudus. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung dengan guru PJOK SMP Kalam Kudus, observasi adalah salah satu pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan pada saat pembelajaran PJOK di sekolah SMP Kalam Kudus. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunaan teknik analisis deskriptif. Faktor umum terjadinya bullying di Sekolah Menengah Pertam Kalam Kudus pada saat pembelajaran PJOK terjadi karena faktor kurangnya aktifitas gerak yang dilakukan anak sehingga anak tersebut memiliki berat badan yang tidak ideal, sehingga anak tersebut mendapatkan julukan “gendut” oleh teman-temannya.

 


Full Text:

PDF

References


Alfridyaputra, R., Amiq, F., & Yudasmara, D. S. (2023). Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani tingkat Sekolah Menengah Pertama : Studi Perbandingan antara Kabupaten dan Kota Malang. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 38-55.

Febriana, A., & Hariyadi, S. (2023). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 101-112.

Manurung, F. A., Hapni, E., Fitri, N., & Fitriani, W. (2023). Bullying dan Peran Bimbingan Konseing di Lingkungan Sekolah SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 322-330.

Noviasty, R., Susanti, R., & Sari, I. W. (2017). Karakteristik Nutrisi Korba dan Pelaku Bullying Pada anak Usia Sekolah Dasar. Public Health Science Journal, 128-137.

Novitasari, S., Ferasinta, & Padila. (2023). Faktor Media Terhadap Kejadian Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 1-7.

Sagala, N. E., & Br Perangin-angin, M. A. (2023). Gambaran Umum Pengalaman Bullying Pada Remaja SMA. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 721-734.

Tri Sanjaya, I. A., Astra, I. B., & Sucita Dartini, N. D. (2023). Pengembangan Video Permainan Tematik Tema Diriku Subtema Aku Merawat Tubuhku. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, 98-107.

Yunisca, C. A., & Wibawa, D. S. (2019). Proses Resiliensi Remaja Akhir Perempuan Yang Pernah Mengalami Bullying Verbal Karena Obesitas. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 1-22.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v6i2.54087

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.