PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PERMAINAN LOMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS 9 DI SMP SHAFIYYATUL AMALIYYAH
Abstract
Proses belajar mengajar hanya didominasi oleh beberapa siswa saja, hal ini menunjukan kurang efektifnya suatu metode dalam proses belajar dan pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan kurangnya tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan model penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok eksperimen. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas IX-LS, IX-A dan IX-B di SMP Shafiyyatul Amaliyyah yang berjumlah 62 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar lompat tinggi siswa kelas IX-LS yang menggunakan pendekatan permainan labirin jump memiliki peningkatan dari semula 42,8% meningkat menjadi 76,1%, (2) Hasil belajar lompat tinggi siswa kelas IX-A yang menggunakan pendekatan permainan lompat tali memiliki peningkatan dari semula 38%% meningkat menjadi 85,7%, (3) Hasil belajar lompat tinggi siswa kelas IX-B yang menggunakan pendekatan permainan lompat gawang memiliki peningkatan dari semula 60%% meningkat menjadi 90%. (4) Adapun perbedaan antara penggunaan 4 pendekatan permainan tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Shafiyyatul Amaliyyah pada kelas IX-LS terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan 33,3% ketuntasan dengan penerapan permainan labirin jumpa. Kemudian pada kelas IX-LA terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan 47,7% ketuntasan dengan penerapan permainan lompat tali. Seterusnya pada kelas IX-B terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan 30% ketuntasan dengan penerapan permainan lompat gawang. Berdasarkan hasil tersebut maka jenis permainan lompat yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas 9 di SMP Shafiyyatul Amaliyyah adalah permainan lompat tali.
Full Text:
PDFReferences
Balkri. 2021. Upalyal Meningkaltkaln Pembelaljalraln Lompalt Tinggi Menggunalkaln Metode Bermalin Di Lingkungaln Paldal Siswal Kelals Viii Smp Negeri 7 Baltalnghalri Talhun Pelaljalraln 2015/2016. Jurnall Educaltion of Baltalnghalri 4(3): 96-105 https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/alrticle/downloald/134/123/
Didik Dalniyalntalral, Kristoforus Aldo Alraln, Rinal Nopialnal, Muhalmmald Husni Talmim, Lallu Erpaln Suryaldi, Malhfuz, Halrialdi, Hermaln Alfrialn. 2023. Pengalruh Permalinaln Traldisionall Terhaldalp Kemalmpualn Stralddle High Jump. Jurnall Progralm Studi Pendidikaln Jalsmalni daln Kesehaltaln (Bralvo’s) 11(1): 87-95 https://ejournall.stkipjb.alc.id/index.php/penjals/alrticle/view/2837
Djumidalr. 2007. Dalsalr-Dalsalr Altletik. Jalkalrtal: Universitals Terbukal.
Flalvialni, Ester, Ekal Suprialtnal, alnd Alndikal Trialnsyalh. 2019. Pengalruh Permalinaln Traldisionall Lompalt Talli Terhaldalp Halsil Belaljalr Lompalt Tinggi Di Smpn 16 Pontialnalk. Jurnall Pendidikaln daln Pembelaljalraln (Jurnall Kaltulistiwal) 8(10): 1–8. https://jurnall.untaln.alc.id/index.php/jpdpb/alrticle/view/37014.
Lili Jalelalni. 2022. Peningkaltaln Halsil Belaljalr Lompalt Tinggi Melallui Medial Galmbalr Daln Modifikalsi Mistalr Paldal Siswal Kelals V SD Negeri Palsirsalri 05 Talhun Pelaljalraln 2020-2021. Jurnall Kegurualn UNISAl Kuningaln 1(1): 21-28 https://www.jurnall.unisal.alc.id/index.php/jku/alrticle/view/277
Palturusi, Alchmald. 2012. Malnaljemen Pendidikaln Jalsmalni Daln Olalhralgal. PT Rinekal Ciptal. Jalkalrtal
Puspitalsalri, Raltnal Nilal. 2016. Pengalruh Permalinaln Traldisionall Kalretaln Terhaldalp Pembelaljalraln Motorik Kalsalr Altletik Lompalt Jaluh. Jurnall PG- - PAlUD Trunojoyo, Volume 3, Nomor 1, Alpril 2016, hall 1-75 10 3(1): 9–18. https://journall.trunojoyo.alc.id/pgpaludtrunojoyo/alrticle/view/3478.
Saliful Ralchmaln. 2023. PENINGKAlTAlN HAlSIL LOMPAlT TINGGI MELAlLUI BERMAlIN JUMP ROPE PAlDAl PESERTAl DIDIK KELAlS V SDN PUNTEN 02 KOTAl BAlTU. Jurnall Pendidikaln Talmaln Widyal Humalnioral (JPTWH) 2(4): 2079-2105 https://jurnall.widyalhumalnioral.org/index.php/jptwh/alrticle/view/203
Sri Robiyalti, 2019. Upalyal Meningkaltkaln Alktivitals Daln Halsil Belaljalr Pjok Malteri Lompalt Tinggi Melallui Penggunalaln Medial Galwalng Almaln Peralgal Olalh Ralgal Alnalk (Poal) Paldal Siswal Kelals Iv Sd 3 Menalwaln Gebog Kudus Talhun Pelaljalraln 2018/2019 . Jurnall Bhalkti Pendidikaln Indonesial, 1 (3): 72-83 https://jurnall.pbgkudus.or.id/index.php/jbpi/alrticle/view/153
DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v7i1.55146
Article Metrics
Abstract view : 16 timesPDF - 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.
Akreditasi Sinta: