Pelatihan Pengenalan Alfabet bagi Guru PAUD di Samigaluh Kulonprogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru PAUD dalam mengenalkan alphabet dengan memanfaatkan sumber belajar sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tahapan perumusan masalah, perencanaan, implementasi tindakan, dan refleksi. Tindakan berupa pemberian pelatihan kepada para 19 guru PAUD di Samigaluh, Kulonprogo. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dan dianalisis secara kualitatif yaitu direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan. Teknik keabsaha data dilakukan dengan pengamatan perpanjangan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan kepada kelompok sasaran memberikan dampak positif. Pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengenalkan alfabeth kepada anak dengan metode dan media yang menyenangkan. Guru mampu membuat dan mengkreasikan media belajar dengan sumber-sumber alam yang ada disekitar.
Kata Kunci: pelatihan, alfabet, paud
Full Text:
PDFReferences
Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD). Yogyakarta. Diva
Press
Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di
Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Arif Sadiman, dkk. (2016). Media Pendidikan,
Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Suhartono. (2005). Perkembangan bicara
anak usia dini. Jakarta: Dinas
Pendidikan Nasional Direktorat
Jendral Perguruan Tinggi
Sujiono, N. Y. (2013). Konsep dasar
pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT
Ideks
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.17215
Article Metrics
Abstract view : 399 timesPDF - 317 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.