Hubungan Perilaku Menggunakan Smartphone Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi covid-19 (Studi Kasus Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan)

Ayu Wulan Sari Nasution, Yasaratodo Wau

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perilaku mahasiswa menggunakan smartphone
dimasa pandemi (2) tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa, dan (3) hubungan perilaku
belajar terhadap tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran dengan
menggunakan smartphone dimasa pandemi, Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan
teknik analisis product moment dari uji korelasional dan uji hipotesis, Tingkat pencapaian
hasil belajar mahasiswa mencapai 4.0375 yang tergolong dalam kategori baik, dan (3) Terdapat
hubungan perilaku belajar terhadap tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa selama
pembelajaran dengan menggunakan smartphone dimasa pandemi mencapai 0,449 yang
signifikasn pada taraf 5% persen. Koefisien determinasi mencapai 0,202 sehingga kontribusi
perilaku belajar terhadap penggunaan smartphone mencapai 20,2% hubungan penggunaan
smartphone terhadap perilaku dan hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran daring
dimasa pandemi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka. Backer, E. (2010). Using Smartphone

and Facebook in A Major Assesment : The

Student Experience. E-Journal. Australia:

University of Balla.

Depdiknas. 2011. Penggunaan Smartphone.

Jakarta: Dirjend Dikdasmen.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Gramedia.

Husaini Usman. 2008. Metodelogi Penelitian

Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Presindo.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nova, Yerieska Ristina. 2018. Penelitian.

Hubungan Antara Penggunaan

Smartphone Pada Mahasiswa.

Oktataria Alexander. 2017. Penelitian.

Hubungan Antara Intensitas Penggunaan

Smartphone Dan Motivasi Berprestasi

Pada Mahasiswa.

Rusman. 2013. Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta:

Bumi Aksara.

Sarwar, M & Soomro, T. R. 2013. Impact of

Smartphone’s on Society. Eurepean

Journal of Scientifie Research. ISSN

-216X/1450-202X, 98 (2), 216-226.

Diunduh://www.europeanjournalofscientif

icresearch.com.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung:

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode PenelitianBisnis.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung

Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning.

Surabaya: Pustaka Belajar.

Susanto. 2014. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran.

Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i1.32422

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot