Pelaksanaan Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi) Pada Program Kursus Menjahit di LKP Kutilang

Aliyyah Maahira Shafa, Fitria Anjani, Jubaidah Hasibuan, Naser Maulidina, Ratih Syahfitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran orang dewasa (Andragogi) di LKP Kursus Menjahit Kutilang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dimana subjek dalam penelitian ibu Hj. Zulfizahara Nst, pendiri LKP Kursus Menjahit Kutilang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini hasil yang ditemukan: 1) proses terbentuknya LKP Kursus Menjahit Kutilang; 2) Kondisi LKP Kursus Menjahit Kutilang pada saat ini menyebabkan kurangnya semangat belajar peserta; 3) Proses pembelajaran peserta di LKP Kursus Menjahit Kutilang; dan 4) hambatan yang terjadi dari mulai awal tahap proses terbentuknya sampai dengan hambatan yang di hadapi LKP Kursus Menjahit Kutilang sekarang pada peserta di masa pandemi covid 19.


Full Text:

PDF

References


Sunhaji. 2013. Konsep pendidikan orang dewasa. Jurnal kependidikan. Vol 1 no 1 Lunandi, A, G. 1987. Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Gramedia

Budiawan jauhan. 2018. Pendidikan orang dewasa. Jurnal qalamuna. Vol 10 no 2 Sutarto Jok. 2007. Pendidikan nonformal (konsep, yayasan, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat) semarang unnes press

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D.bandung: Alfabeta. 2010

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta. http://lib.unnes.ac.id/24070/1/1201411049.pdf

Wahyono,dkk. Literasi Dalam pendidikan di era digital untuk generasi milenial. Jurnal procedi. Universitas Jember

Anisah B, dkk. 2011. Teori belajar orang dewasa. Penerbit PT Rosdakarya. bandung Indonesia cetakan pertama.

Novianti Yusuf Rini, dkk. 2021. Inplikasi asumsi konsep diri dalam pembelajaran orang dewasa. Edukatif : Jurnal ilmu pendidikan. Vol 3 no 4

Arif Z. 2012. Andragogi. Bandung: Angkasa Bandung

Putri yuse anila, dkk. 2018. Penerapan pembelajaran orang dewasa oleh instruktur pelatihan keterampilan menjahit di SPNF SKB lima puluh kota

Haulah Zahra Puji, dkk. 2017. Kontribusi kompetensi instruktur terhadap hasil belajar peserta didik level II kursus menjahit di LKP putra kencana 2 Bandung. Jurnal pendidikan luar sekolah. Vol 1 no 1

Titah. 2018. Upaya LKP Lucky dalam meningkatkan keterampilan melalui program khusus menjahit(studi kualitatif bagi kalangan perempuan di LKP Lucky desa tani mulia kecamatan ngamprah kab.bandung barat). Jurnal comm-edu. Vol 1 no 2

Wahyuni Sri, Sutarto joko. 2021 pembelajaran Khusus menjahit di lembaga kursus dan pelatihan gassebo kabupatan Kendal. universitas Sriwijaya

Djumena irwan. 2016. Implementasi model pembelajaran orang dewasa pada mahasiswa pendidikan luar sekolah FKIP Unirta. Jurnal Unirta. Vol 1 no 1

Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan non formal. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Millennial Community

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index